Inilah Manfaat Dan Bahaya Mandi Dengan Air Hangat Di Malam Hari

Inilah Manfaat Dan Bahaya Mandi Dengan Air Hangat Di Malam Hari ,- Mandi saat malam sebenarnya tidak ada masalah, asalkan mandinya menggunakan air hangat. Karena mandi menggunakan air hangat saat malam hari ternyata juga memiliki efek baik untuk kesehatan. Pakar kesehatan menyebutkan jika tidur yang nyenyak dan berkualitas tidak hanya membuat kita terbangun dengan kondisi segar di esok hari, melainkan juga mampu membuat tubuh terjaga kesehatannya. Untuk memastikan bahwa kita bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas dan terbebas dari gangguan tidur, kita bisa mandi air hangat sebelum kita tidur.

Mandi air hangat juga akan membuat otot-otot pada tubuh tak lagi tegang dan lebih santai. Sirkulasi darah juga akan menjadi lebih lancar. Alhasil, rasa nyeri pada tubuh layaknya kekakuan pada leher dan nyeri pada kaki atau bahkan sakit kepala akan segera mereda. Mandi air hangat juga akan membuat pernafasan menjadi lebih lega dengan cara membuat lendir pada paru-paru menghilang. baca : cara menyembuhkan eksim menahun

Mandi memang akan membuat tubuh kita menjadi lebih bersih dan segar, apapun jenis air yang kita pakai, baik itu dingin ataupun hangat. Namun, jika kita mandi air hangat, kita akan membuat badan menjadi lebih dan segar sekaligus membuat pikiran kita menjadi lebih rileks. Semua masalah akan bisa dilupakan setelah kita melakukan mandi air hangat.

Inilah Manfaat Dan Bahaya Mandi Dengan Air Hangat Di Malam Hari

Inilah Manfaat Dan Bahaya Mandi Dengan Air Hangat Di Malam Hari

  • Menyehatkan Otak

Manfaat pertama yang di dapat dari mandi air hangat pada malam hari adalah dapat menyehatkan otak. Mandi dengan air hangat dapat menjadikan tubuh menjadi lebih rileks dan santai. Pada saat kondisi tubuh rileks, hal itu pun dapat membuat organ otak semakin sehat. Untuk lebih memaksimalkan nya lagi dapat dengan menambahkan minyak esensial di dalam air mandi. Gosokan minyak aroma terapi tersebut agar otak semakin fresh dan rileks sehingga dapat membuat otak lebih sehat. baca : cara mengobati edema paru paru

Mengatasi Masalah Gatal Dan Menghaluskan Kulit

Manfaat berikutnya dengan mandi air hangat pada malam hari adalah dapat mengatasi masalah gatal pada kulit serta dapat menghaluskan kulit. Seorang ahli kesehatan kulit menyatakan apabila mandi air hangat pada malam hari serta dengan menambahkan dua sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa ke dalam air mandi dapat membantuk meningkatkan kesehatan serta dapat menghaluskan kulit, bebas masalah gatal dan bebas masalah kulit bersisik.

Mencegah Pilek

Manfaat berikutnya yang dapat kita peroleh dari mandi malam dengan menggunakan air hangat adalah dapat mencegah pilek. Tidak sedikit orang yang takut dengan air saat ia sakit atau flu. Mandi air hangat di malam hari dapat mencegah penyakit pilek atau flu. Mandi air hangat juga dipercaya dapat menyembuhkan flu. baca : obat oles untuk kutil kelamin

Tidak semua mandi malam dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Apabila anda selalu pulang malam dan tidak sempat untuk mandi di sore hari maka gunakanlah air hangat pada saat mandi malam, sehingga tidak membuat tubuh mu sakit melainkan dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Lalu Apakah ada Bahaya Mandi Malam di Hari dengan Air Hangat ini ? Yuk simak sama sama

1. Mandi malam hari menyebabkan rematik

Ah, kata siapa? Mandi malam hari dapat membuat seseorang terkena rematik itu ternyata hanya mitos dan faktanya adalah salah! Di Indonesia, entah sejak kapan, masyarakat awam telah lama sekali memegang paham yang sangat keliru terkait masalah mandi malam hari. Anda bisa membuktikannya dengan bertanya dengan teman atau tetangga-tetangga Anda. Mereka yang tidak melihat dari sudut pandang kedokteran mengenai masalah ini mungkin akan menjawab kalau benar rematik disebabkan oleh mandi malam hari. baca : cara menyembuhkan ligamen robek

Perlu dijelaskan sebelumnya, rematik merupakan penyakit yang terjadi ketika persendian mengalami peradangan, dan ada ratusan jenis rematik yang telah ditemukan, yang paling umum terjadi adalah Rheumatoid arthritis, jenis lain seperti Systemic Lupus Erythematosus, Ankylosing Spondylitis, dan Gout arthritis.

Rematik terjadi akibat sistem kekebalan tubuh manusia menyerang tubuhnya sendiri. Artinya, mereka justru melakukan kebalikan dari tugasnya menjaga tubuh dari penyakit. Penyakit ini juga dikatakan sebagai penyakit autoimun. Penderita akan merasakan nyeri pada bagian sendi yang terkena.

Untuk membuktikan lebih lanjut mengenai kekeliruan yang telah lama beredar dan hinggap dalam pikiran masyarakat, para dokter mengatakan bahwa hingga detik ini belum ditemukan pasti apa penyebab dari penyakit rematik. Namun, dugaan yang seringkali muncul adalah kelainan genetik sebagai pemicunya. Orang dengan usia 20 – 45 tahunlah yang kerap menjadi sasarannya. Ini baru fakta. baca : cara menyembuhkan retinopati diabetik

Adapun faktor luar lain ataupun yang bersifat degeneratif yang membuat banyak orang terkena penyakit sendi, jadi bukan hanya dikarenakan proses autoimunitas tadi. Karena kaitannya erat dengan sistem imun, maka jelas sekali bahwa masalah utama rematik terdapat di peredaran darah, yang pada akhirnya mampu menangkis segala pernyataan bahwa rematik disebabkan oleh mandi malam hari, terutama dengan air dingin.

Penjelasan singkat, yang mungkin dapat Anda pahami:

Penyakit rematik merupakan penyakit keturunan akibat adanya gen yang mengakibatkan sistem imun menyerang bagian persendian, sehingga serangan ini memicu kerusakan dan peradangan pada sendi-sendi tertentu.

Rasa nyeri pada sendi tersebut bisa kambuh pada kondisi-kondisi tertentu, salah satunya ketika tubuh mendapati suhu dingin. Jadi, apabila penderita mandi di malam hari dengan air dingin, tentu sendinya akan terasa sakit karena rematiknya kambuh. Mungkin di sini bagian yang membuat masyarakat dengan sangat sederhana menyimpulkan kalau mandi malam memicu rematik. baca : cara menghilangkan lemak di hati

Jadi, perlu Anda ketahui sekali lagi, rematik tidak disebabkan oleh mandi malam. Melainkan … (baca kembali jika Anda masih belum tahu). Sebab, belum ada penelitian yang membuktikan anggapan masyarakat umum tersebut benar.

2. Mandi malam menyebabkan paru-paru basah

Lagi-lagi ini tidak benar dan tercatat sebagai mitos yang masih beredar juga di masyarakat. Mandi pada malam hari tidak semudah itu membuat seseorang terkena paru-paru basah. Tetapi perlu diperhatikan, kondisi kesehatan yang kurang baik dapat diperburuk dengan suhu air dingin yang dipakai untuk mandi di malam hari. Jadi, gunakan air hangat apabila ingin mandi. Tubuh akan menerima 5 derajat lebih dari suhu tubuh itu sendiri, antara 29 – 30 derajat celcius. baca : obat susah kurus

Penting untuk diketahui:

Paru-paru basah hanyalah istilah awal untuk menjelaskan kondisi terdapatnya air di dalam paru-paru. Air pada paru-paru tersebut biasanya terjadi karena infeksi, bukan karena mandi malam hari.

3. Mandi malam bisa menimbulkan kondisi hipotermia

Hipotermia umumnya dianggap sebagai keadaan di mana suhu tubuh menurun drastis di bawah suhu normal yang diperlukan metabolisme dan fungsi tubuh, yaitu di bawah 35 derajat celcius. Sasaran empuk hipotermia adalah bayi yang belum sempurna sistem pengendali temperatur tubuhnya serta lansia (manula) yang telah menurun fungsinya. Gejalanya bisa berupa menggigil, kelelahan, bingung, mengantuk, dan kurang nafsu makan.

Hiportemia juga dikaitkan dengan efek samping dari mandi malam hari. Air dingin yang dipakai untuk mandi di malam hari memang bisa membuat seseorang terserang hipotermia, terutama jika suhu lingkungan memang sedang dingin-dinginnya, atau berada di dataran tinggi (pegunungan). baca : cara melancarkan bab pada bayi dan anak

Agar tidak terkena dampak ini, sebaiknya hindari mandi dengan suhu air terlalu dingin. Pakailah air panas yang dicampur dengan air biasa, usahakan agar hangatnya lebih terasa. Dengan begini, Anda akan terbebas dari hantaman hipotermia.

4. Mandi malam menyebabkan asam urat

Gout atau asam urat terjadi akibat konsumsi zat purin di dalam tubuh berlebihan sehingga membuat kadar asam urat tubuh meningkat. Kelebihan zat purin ini membuat ginjal kehilangan kemampuan untuk menampung ataupun mengeluarkan zat tersebut dari dalam tubuh.

Penderita asam urat mempunyai beberapa pantangan makanan seperti jeroan (ginjal, babat, usus, limfa, hati, dan otak), seafood (udang, kerang, tiram, ikan sarden, dan kepiting(, abon, dendeng, kornet sap, bebek, daging sapi, daging kambing, kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau) dan olahannya (tempe, oncom, tauco, susu kedelai), emping, melinjo, kembang kol, asparagus, bayam, keju, es krim, telur, durian, nanas, dan masih banyak lagi. baca : obat sakit tumit dan telapak kaki

Kesimpulannya, asam urat tidak bisa dikaitkan dengan dampak buruk mandi malam hari, baik itu dengan air hangat maupun air dingin.

5. Mandi malam menyebabkan demam

Pada malam hari, panas tubuh mengalami peningkatan, tentunya pori-pori kulit juga ikut terbuka. Di sini letak bahaya mandi malam hari memakai air dengan suhu rendah. Pori-pori kulit yang menganga akan menyerap air dingin. Artinya, tubuh akan mengalami kondisi panas dan dingin akibat panas tubuh yang meningkat bercampur dengan suhu tubuh yang rendah karena air dingin yang dipakai saat mandi.

6. Mandi malam menyebabkan tubuh masuk angin

Penjelasannya serupa dengan poin sebelumnya.

7. Mandi malam membuat susah tidur

Beberapa orang membuat pernyataan kalau mandi malam menjadikannya susah tidur. Benarkah begitu? Ternyata setelah ditelusuri penyebabnya bukan mandi malam, melainkan kondisi tubuh yang sebelumnya dipakai untuk berolahraga tidak siap diistirahatkan sementara.

Jadi, biasanya orang memilih mandi malam karena berbagai alasan. Ada yang sebatas ingin menyegarkan badan karena baru pulang dari kantor dan tidak sedikit pula yang mandi malam karena ingin menyegarkan tubuhnya sehabis olahraga. baca : obat luka borok agar cepat kering

Titik permasalahannya bukan pada mandinya, tetapi olahraga yang dilakukan malam hari. Pada beberapa orang yang tidak memiliki gangguan tidur, olahraga malam dapat menyebabkan mata sulit terpejam secara alami. Hal ini disebabkan multi-stimulan (adrenalin dan noradrenalin) yang terlepas ketika olahraga meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh, sehingga tubuh merasa lebih waspada dan terjaga.

Inilah Manfaat Dan Bahaya Mandi Dengan Air Hangat Di Malam Hari

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*